Edy Kurniawan, Sosok Perintis Sentra Kerajinan Kerang di Cirebon

Sentra Kerajinan Kerang Cirebon
Produk Unggulan Menembus Pasaran Eropa dan Amerika

Oleh : Soeksmono Atmowardojo

Salah satu produk unggulan yang sudah terkenal di mancanegara adalah kerajinan kerang dari Cirebon. Banyak sekali variasi model yang dihasilkan dari mulai lampu, tatakan gelas, asbak, sampai yang ukuran besar berupa kursi. Produk kerajinan kerang dari Cirebon memang sudah mendunia khususnya dari Rumah Kerang Cirebon, namun hanya sedikit yang tahu lokasi pengrajin atau pembuat kerajinan kerang yang berskala rumahan.

Adalah Edy Kurniawan atau biasa sering disapa dengan panggilan “Wawan”, pria kelahiran asli Banyuwangi, Jawa Timur dan telah 10 tahun lebih tinggal di Cirebon ini memulai usahanya benar-benar dari nol. Dari belajar membuat kerang dan memasarkan sewaktu tinggal di Bali, membuatnya tahu akan selera para turis, inovasi desain, dan teknik pembuatan kerajinan kerang. Selama itu pula Wawan membangun jaringan kerja untuk usahanya, dari tingkat supplier (pengepul bahan mentah limbah kerang), pengrajin, pemilik pabrik besar, bahkan sampai pembeli internasional atau importir. Wawan tak pernah kekurangan bahan baku limbah kerang meski kadang ada pesanan yang membutuhkan jenis limbah kerang tertentu padahal menurut waktunya belum musim maka jalan keluarnya adalah meminta pembeli untuk bersabar menunggu atau meminta kesediaan diganti dengan material yang lain.

Keuletan dan kerjakerasnya membuahkan hasil, saat ini produknya terus mengalir ke showroom kerajinan, pameran nasional maupun internasional, dan suplai secara rutin ke pabrik besar. Dia masih berharap suatu saat nanti ingin langsung berhubungan dengan pembeli internasional. Rumah produksi kerajinannya yang menyatu dengan tempat tinggal dan lingkungan sekitar, memberikan dampak positif bagi para tetangganya. Dia berdayakan para tetangganya yang masih pengangguran, dari yang tidak tahu sampai terampil. Di lingkungannya, dia terkenal dengan sebutan “Wawan Kerang”.


Harga produk kerajinannya sangatlah murah karena langsung dari pengrajinnya, banyak aneka ragam variannya. Apabila tertarik dan sekiranya minat bisa menghubungi penulis di 085322879799 atau melalui email : monocinde@gmail.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.